Oleh: p4mriuny | Desember 26, 2012

Desain PMRI: Jarak dan Kecepatan

Dalam kehidupan sehari-hari, matematika dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh manusia. Seperti contoh kegiatanberjalan menuju suatu tempat yang lain yang menimbulkan beberapapertanyaan bagi siswa misalnya berapa banyak kecepatan yang dibutuhkanuntuk berjalan menggunakan sepeda menuju sekolah, berapa waktu yang dibutuhkan dalam kecepatan tersebut merupakan suatu hal yang sering ditemukan oleh siswa. Namun, beberapa siswa menganggap bahwa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit. Sehingga hal ini menyebabkan siswa enggan untuk mempelajari matematika. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk memotivasi siswa untuk belajar matematika adalah berusaha untuk mendekatkan matematika dengan dunia nyata.

Materi jarak, waktu, waktu, dan kecepatan merupakan salah satu topic yang menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, peneliti mencoba mendesain kegiatan pembelajaran untuk mengajarkan hubungan kecepatan dan jarak serta kecepatan dan waktu (Kelas 5 SD) melalui lomba jalan cepat dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Indonesia (PMRI).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: