Oleh: p4mriuny | September 10, 2011

Sekelumit PMRI UNY

Rendahnya prestasi/nilai matematika yang dicapai siswa banyak dilatarbelakangi oleh sikap siswa terhadap pelajaran matematika. Banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang tidak menarik dan menyenangkan sehingga berakibat pada rendahnya minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika. Hal tersebut telah mendorong adanya upaya peningkatan prestasi dan kualitas pembelajaran matematika melalui pembelajaran matematika yang menyenangkan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan pendekatan Realistik  yang menekankan matematika sebagai suatu bentuk aktivitas manusia dimana pembelajaran matematika menggunakan permasalahan realistik. Pengembangan pendekatan realistik di Indonedia diadobsi dari RME dan dikenal dengan PMRI dimotori oleh Prof. R.K. Sembiring dari Institut Teknologi Bandung (ITB).  Sebagai salah satu LPTK di Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tanggung jawab terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. Sebagai bentuk perhatian terhadap perkembangan pendidikan matematika di Indonesia, UNY (dalam hal ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika) ikut berpartisipasi dalam pengembangan PMRI. Keterlibatan UNY dalam pengembangan PMRI diawali pada tahun 2000 dengan keterlibatan Prof. Suryanto sebagai ko-promoter Prof. Sutarto dalam menempuh program doktoral (S3) di Belanda. Hal tersebut dilanjutkan dengan kunjungan Prof. Suryanto ke  Belanda

Untuk memperlancar dan mempercepat pengembangan dan pengimplementasian PMRI, maka sejak tahun 2001 Tim PMRI UNY tersebut terdiri dari Prof. Suryanto; Sugiman, M.Si; Atmini Dhoruri, MS; Ali Mahmudi, M.Pd; Edi Prajitno, M.Pd; Sugiyono, M.Pd dan A. Sardjana, M.Pd. Beberapa dosen yang terlibat secara aktif dalam pengembangan PMRI di UNY adalah Prof. Suryanto; Sugiman, M.Si; Atmini Dhoruri, MS; Ali Mahmudi, M.Pd; Edi Prajitno, M.Pd; Sugiyono, M.Pd dan A. Sardjana, M.Pd (sekarang sudah purna tugas). Pada tahun 2009 dilakukan perubahan Tim PMRI yang terdiri dari Prof. Suryanto; Prof. Dr. Rusgianto HS; Dr. Marsigit; Atmini Dhoruri, MS; Rosnawati, M.Si; Edi Prajitno, M.Pd; Sugiyono, M.Pd; Endang Listyani, MS; Dr. Heri Retnawati; Ariyadi Wijaya, M.Sc; Endah Retnowati, M.Ed. Selain Tim PMRI yang beranggotakan dosen Program Studi Pendidikan Matematika, beberapa dosen PGSD UNY juga terlibat secara aktif dalam pengembangan PMRI. Dosen PGSD UNY yang terlibat dalam pengembangan PMRI adalah T. Wakiman, M.Pd; Rahayu Condro Murti, M.Pd dan Purwono, M.Pd. Sejak awal didirikan, PMRI UNY menekankan pada kontribusi, pengembangan dan implementasi matematika realistik daripada pengembangan teori matematika realistik itu sendiri. Oleh karena itu, Tim PMRI UNY menjalin kerja sama dengan tiga Sekolah Dasar mitra, yaitu SD Percobaan 2 Yogyakarta, SD Gambiranom dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Yogyakarta. Tim PMRI UNY bekerja sama dengan guru-guru dari SD mitra untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI. Observasi kelas dan pendampingan juga dilakukan Tim PMRI UNY untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMRI, sehingga perbaikan implementasi PMRI dapat senantiasa dilakukan. Selain melakukan kerja sama secara langsung dengan tiga SD mitra (SD Percobaan 2, SD Gambiranom dan MIN 1 Yogyakarta), Tim PMRI UNY juga melibatkan beberapa sekolah lain dalam berbagai kegiatan workshop PMRI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: