Oleh: p4mriuny | Januari 3, 2013

Desain PMRI: Belajar Pecahan Sederhana Secara Interaktif

Mengajarkan materi pecahan memang sedikit sulit untuk siswa kelas 3SD. Namun hal ini bisa lebih menarik dan mudah dengan pendekatan PMRI yang dikombinasikan menggunakan  alat peraga (manipulative) “National Library of Virtual Manipulatives” yaitu “Fraction Pieces”. Siswa akan berkreasi sendiri menggunakan manipulative ini.Manipulative ini bisa di download gratis selama 60 hari ataupun anda bisa membelinya. Jika tidak anda bisa menggunakan secara online di website-nya di nlvm.usu.edu.

 

Dengan pendekatan PMRI konteks  yang digunakan adalah membagi kue secara adil, dalam hal ini kue berbentuk lingkaran dan persegi.

 

Kue berbentuk lingkaran dan persegi

 

Potongan Kue

 

Dalam membagi kue, masing-masing orang mendapatkan bagian yang sama besar. Bagaimana jika kue dibagi untuk 2 orang, 3 orang, 4 orang? Manakah bagian potongan kue yang lebih besar antara kue yang dibagi untuk 2 orang dan kue yang dibagi untuk 3 orang?

Untuk lebih jelasnya, lihat pada penjelasan file dibawah ini.

 

 

Baca juga Belajar Pecahan Interaktif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: